Sabtu, 02 Juli 2011

Rakor PNPM MP Prov. Sulsel Bahas RBM

Rapat Koordinasi PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Sulawesi Selatan Periode  bulan Juni 2011 yang diselenggarakan pada hari Minggu - Rabu, tanggal 26 - 29 Juni 2011 dan mengambil lokasi di Hotel Horison Makassar. Rakor tingkat Provinsi ini di hadiri oleh semua Fasilitator Kabupaten Bidang Pemberdayaan dari 20 Kabupaten yang menjadi lokasi PNPM mandiri Perdesaan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2011, turut hdir juga semua PjO Kabupaten dari 20 semua lokasi PNPM Mandiri Perdesaan. Rakor dengan tema " Peningkatan Pengendalian fasilitasi Tahapan Optimalisasi dan Integrasi PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Sulsel Tahun 2011 " sebagai wahana konsolidasi dan penyatuan persepsi dalam pelaksanaan PNPM mandiri Perdesaan di semua Kabupaten Khususnya tahun anggaran 2011.


Salah satu ,topik bahasan yang cukup hangat dibahas adalah Maksimalisasi pelaksanaan kegiatan RBM (Ruang Belajar Masyarakat) di masing - masing Kabupaten. Masalah yang paling seru mendapat porsi pembahasan adalah pemahaman mengenai filosofi Ruang Belajar Masyarakat. Fokus pembahasan mengerucut pada pemahaman dasar RBM, apakah lahir hanya seabagai wadah masyarakat belajar mengenai pemberdayaan dan terkhusus lagi pemantauan berbasis masyarakat, ataukah RBM lahir sebagai wadah masyarakat dalam melakukan kegiatan - kegiatan advokasi perubahan kebijakan dan pencapaian realisasi kebijakan budget pro poor yang benar - benar berpihak pada masyarakat miskin  dalam mencapai cita - cita kemandirian dan keberdayaannya.

Terlepas dari semua persepsi dan cara pandang dari masing - masing peserta Rakor mengenai RBM dan bentuk pengembangannya, semuanya sepakat bahwa RBM adalah harapan baru bagi masyarakat dalam memperjuangkan terimplementasinya kebijakan pemerintah yang lebih berpihak pada masyarakat miskin. Dan olehnya itu, maka personil masyarakat yang tergabung dalam Pokja RBM harus dikuatkan dan ditingkatkan kualitasnya agar dapat membawa institusi RBM kearah yang diharapkan oleh masyarakat.

RBM kini sudah terbentuk di semua kabupaten lokasi PNPM Mandiri Perdesaan di seluruh wilayah Indonesia, tinggal bagimana mengisi institusi ini dengan kegiatan - kegiatan yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar